Watu Ondo, Jember.

Terletak di sebelah selatan kabupaten Jember, Desa Blater, Kec. Tempurejo, Nanggelan. Kawasan wisata ini mulai di gemari para penikmat travelling dan mulai booming di instagram dengan hashtag #watuondo.

Hashtag itu lah yang membuat kami ber-empat mempunyai rencana akhir pekan untuk mengunjunginya.

Start sabtu siang, rencana udah disusun, Fix berangkat pukul 13.00 WIB. Setelah Aris kita teror dengan berbagai macam sms seperti “Aris ayooookk” “Aris ndang budaaaallll” “Aris cepetaan kita udah nunggu di kosan Nabiiill dari tadiiii.” “Aris kalo kamu ga cepet dateng, jangan harap besok kamu masih hidup.” *sms yang terakhir Cuma fiktif!*

dan akhirnya aris membalas dengan sms yang tak kalah sadis  “Aku masih repot ada acara organisasi di wuluhan sampe jam 9 malem. Kalian di jemput pendik aja dari unmuh.” Na’as sekali. Seketika ekspresi hello kitty kami (Aku, Umi, Dianita) langsung berubah kayak kucing Garfield di lempar semen satu karung.  “KENAPA GAK BILANG DARI TADIIIII !!!” *jerit kita sambil garuk tembok* plis gausah di bayangin -_-

Baiklah, Sekitar jam 7 kita udah sampe di Basecamp Aris Di Wuluhan, karena sebelomnya udah beberapa kali kesana jadi kita langsung masuk lanjut bersih-bersih sholat de el el. Disuruh hadir ke acara yang aris ketua-i, kita nolak mentah-mentah (ceritanya kan kita ngambek parah)  Rencana kita buat bakar-bakar ikan di pantai payangan ‘gatot’ soalnya Pak komandan baru dateng acara organisasinya sekitar pukul 21.00 -_-





Malem itu Cuma rembukan bahas destinasi besok sampe tengah malem (plus ngobrol ngalor ngidul dan masak-masakannya.) malemnya kita tidur di kamar aris dan aris (dan temannya) tidur di kamar samping. Waktu malem harinya si Dianita mengalami hal yang berbau magis :v bangunan yang berukuran cukup luas dan tak berpenghuni selain Aris dan teman-temannya itu ternyata tak hanya dihuni manusia :v

                                                     Perjalanan menuju watu ondo





Pagi harinya, pukul 08.00 meleset 2 jam dari rencana awal, kita berangkat buat nyusul si Pendik dan Wahyu (temen aris). Setelah sarapan di warung pecel, kita lanjutkan perjalanan menuju desa blater. Sekitar 1 jam perjalanan kita memanfaatkan feeling dan mulut semaksimal mungkin buat bertanya sama warga-warga,  sempet nyasar-nyasar dan akhirnya kita sampe di PTP Karet *lupa namanya* pokoknya yang aku inget ada plang bertuliskan ‘guci putih’ nahh kalo biasanya jalur menuju watu ondo setelah ngelewatin gapura langsung nganan, kita ambil jalur beda kita lurus aja ngikutin feeling dan ternya kata pak satpam yg baik hati dan ganteng *eh* bilang kalo ada jalan juga kalo kita terus. Buat kalian yang belom ke Watu Ondo dan ada rencana kesana, aku saranin kalian lewat jalur yang aku tempuh ini.. itu aja kalo kalian ga pengen nyiksa motor sama punggung kalian :D


                                  Mulai memasuki perkebunan karet. 


                                               
Ikuti petunjuk menuju destinasi.

Sampe lah di penarikan karcis pertama masuk perkebunan *yg sebenernya kata orang-orang ga perlu bayar karcis ini -_-* tak apelahh.. 3000 rupiah akhirnya lepas dari genggaman kami dan di loket ini gak disangka-sangka aku ketemu adek kelas waktu SMA namanya balqis, Sempet ga yakin sih tapi setelah ketap-ketip baru deh yakin kalo itu dia haha. Bla-bla-bla akhirnya kita ngelanjutin perjalanan sekitar 2 km sampe di tempat parkir depan perumahan warga. Dengan mengorbankan 5000 per-motor akhirnya kita mengantongi izin buat melanjutkan perjalanan menuju Watu Ondo. Menurut bapak-bapak yang ada di tempat parkir sih sekitar 1 km menuju watu ondo, tapi ekspektasinya berbeda dengan kenyataan sodaraaaa. Di perjalanan ada 1 spot favoritku, setelah ngelewatin perkebunan karet, kita ngelewatin semacam padang semak hijau dan di lengkapi pemandangan gunung, juga ada beberapa ilalang yang tinggi. Cucok banget dibuat merem sambil dengerin lagunya BIP yang judulnya Pelangi dan Matahari *tsaaaahh*. 

Padang semak menuju lokasi watu ondo.



Ekspresi kelelahan katanya :D

Susur sungai menuju destinasi

  

Pemandangan yang terhalangi pohon-pohon tumbang.


Lanjut perjalanan! Kita lanjutin berjalan entah berkilo-kilo jauhnya melewati semak-semak, nyebrangin sungai, tanjakan-tanjakan licin, nyusurin sungai, akhirnya kita sampe di Watu geddek. Sempet debat ke watu ondo aja atau ke watu geddek aja, setelah aku ngeyel.. akhirnya kami berenam melanjutkan perjalanan ke watu ondo melewati tanjakan, nyusurin sungai , tanjakan lagi, sungai (lagi) udah mirip ninja hatori gitulah. Kita ngobrol sebentar sama pasangan suami istri yang dari setelan-nya aja udah keliatan kalo mereka Biker, bilang ke kita “Rugi mbak kalo ga basah-basahan, tapi sekarang di Watu Ondo lagi rame banyak orang, kayak dawet.” Yang ngebuat aku langsung berkhayal orang-orang keleleran kayak dawet disungai.



Susur sungai menuju destinasi

    

Nyusurin sungai lagii... dan akhirnya kita sampe di Watu Ondooooo!!! Sayang banget ada pohon tumbang dan banyak orang-orang itu yang ngebikin pesonanya berkurang. Udah setengah basah ga mungkin dong aku ga mandi di bawah air terjunnya. Si Pendik sama Wahyu malah naek ke atasnya watu ondo.. aku? Nggak deh makasih~ dan disana aku ketemu lagi sama si Balqis yang mungkin dia lagi hunting foto-foto sama temen-temennya.



Tampak Orang berbaju merah bersiap untuk melompat

                              


Tanjakan diatas watu ondo.
jalan kembali menuju watu geddek.


Gatau kenapa si Aris sama Dianita ogah basah-basahan di watu ondonya, malah ngajak balik ke watu geddek. Ambil jalan yang ga biasa, yaitu melewati sungai dan air terjun kecil kita sampe di watu geddek. Dengan pemandangan yang yahut lah yaa.. nah posisinya kita ada di atas air terjun watu geddeknya jadi ngeliat kebawah air terjun itu ada orang-orang *bisa bayangin kan? Kalo gabisa, coba bacanya diulangi, Makanya kalo baca pelan-pelan sambil dihayatin huehe* banyak yang uji nyali lompat dari atas ke bawah. Tidak terkecuali temen-temenku ini.. Pendik, Aris, Wahyu, Umi  bahkan Dianita yang punya phobia sama ketinggian pun lompat dari atas.. Aku? Mmmm.. Asli! Aku gak berani! Kenapa? Aku gabisa renang? Bisa kok.. Aku phobia ketinggian? Nggak..  Terus? Honestly, Aku ga takut ketinggian tapi cuma takut lompat dari ketinggian, apalagi permukaannya licin. Jangankan Lompat di ketinggian kayak air terjun ini, Perosotan tinggi di waterboom aja aku Cuma nyoba sekali dan gamau lagi, tangga licin di kos-an aja aku parno setengah mati. Meskipun terjun dan dibawahnya itu ada kasur super empuk aku tetep OGAH! Apalagi di air terjun ini, yang dibawahnya air dan gatau ada apa di dalem air itu -_- intinya aku Cuma jadi saksi bisu mahluk-mahluk yang aku sebut teman ini satu-persatu lompat kebawah. Bahkan ada mas-mas ganteng dari STIE Mandala Jember nyemangatin biar aku berani lompat kebawah.. aku tetap sama pendirianku “Aku emmoh meluncat meningsor gaes!”

Akhirnya di temani pendik yang baik hati dan tidak sombong, tanpa safety aku turun lewat tebing air terjun. Gatau kenapa, Waktu itu aku ngerasa jadi orang paling dan ter-ter-terpayah disana. Ah akhirnya mereka harus tau apa yang aku takuti. Tapi its okay ya? Daripada ntar kalo aku terjun malah terjadi apa-apa, kan ntar malah ngerepotin temenku.. jadi sebenernya aku gamau terjun itu bukan karena takut, cuma takut aku kenapa-kenapa trus ngerepotin temenku kan kasian mereka. Iya, Gitu. *sedikit pembelaan diri boleh kan gaes? Ben imejku ga anjlok-anjlok nemen ngono loo -_-*

Kan keliatan ga strong woman lagi -_ - hiahhh persetan sama strong woman ato nggak, yang jelas aku gamau ngulangin kejadian waktu aku kecil dulu yang pasti bakal kejadian lagi  kalo aku lompat kebawah di air terjun ini haha :D

Udah merasa puas nikmatin alam, akhirnya kita putus

kan untuk pulang. Perjalan sangat panas cetar cetar  yang ngebikin kulit kita totaly eksotis belang ngecap sendal :v kakiku udah mirip jajanan astor rasa stroberi, merah kutek kuku-ku, coklat tua yang kena matahari, krem yang ketutupan sendal -_-
Setelah ngelewatin perkebunan karet, kita ambil ‘tunggangan’ di tempat parkir, perjalanan pulang kita ambil jalan yang laen, bukan jalan yang kita ambil waktu berangkat. Tracknya cukup berbatu dan ‘jeglong-jeglong’ yang otomatis membuat kita dan motor kita goyang gergaji, itik, dumang, dribel dan sejenisnya. disinilah pengujian kualitas motor dan kekuatan punggung kita yang sebenarnya. tapi dari track ini pemandangannya epiikk~ jejeran bukit, pohon, padang rumput, keren lah~
Selama perjalanan pulang, aku yang nyetir rada heran sama si Dianita yang ga ada suaranya. Padahal kebiasaan dia kalo ga ada yg perlu di omongin di motor pun biasanya bakal ngeluarin suara aneh yang bunyinya “Bababababababababaa.” (Pake nada lagu disini senang disana senang). Terus aku mikir “Sirep tah kelebon jin watu ondo arek iki? -_-” setelah ditimbang di banding dan melakukan rapat pleno kita memutuskan berhenti sebentar di masjid buat bersih-bersih dikit lah sambil istirahat bentar sebelom ngelanjutin perjalanan ke Wuluhan. Aku sih milih bersih-bersih ntar pas nyampe aja selain masih capek dan males, menurutku kalo abis ngetrip trus pulang ga kotor-kotoran itu berasa dedikasi kurang maksimal hahaha:D too many reason kan? Baah~
Trus Waktu si dianita ditanya “kamu kenapa?” sambil ketap ketip wajah anak kucing, dia jawab “aku masih gak percaya tadi aku lompat di air terjun, ntar aku pasti ceritain ke ibukku!.” Hadeeeh kirain kesambet, tapi ya untunglah jadi setidaknya kita ga perlu repot-repot panggil orang ahli supranatural -_-

Sampe di wuluhan Kita langsung Mandi, sholat, makan, istirahat bentar.. rencananya sih masih mau nginep semalem lagi mumpung besoknya pada kuliah siang semua, juga diluar ujannya masih gamau berhenti.. tapi setelah ada dering hp the boys nya SNSD di hp dianita dan ternyata dari emaknya yang rindu tak jumpa anaknya, ya sedikit ngomel gitu. Akhirnya kita putusin balik ke jember malem itu juga sambil gerimis-gerimis mengundang ala videoklip india gitu. Sampe di Jember entah jam berapa, yang jelas aku langsung tevaarrr~

Terimakasih sudah menyimak cerita mblakrak-ku di Watu Ondo ^^

Semoga masih bisa di kasih kesempatan mblakrak ke tempat-tempat lainnya yang lebih seru :) 



Salam Mblakrak :D


x

0 komentar:

Posting Komentar


Nikmatilah hari ini, karena esok kau akan merindukan hari ini
Diberdayakan oleh Blogger.