Mas Cici


Orang satu ini adalah satu-satunya orang yang menggagalkan aku untuk menjadi anak pertama dan cucu pertama.. ya ya ya.. dia abangku :)
 
Entah kenapa Nama sepanjang muhammad baghir fikri hanya perlu di panggil dengan sebutan ‘cici’. “Kenapa seh mah, mas cici itu di panggil cici?” tanyaku pada amah (tante).
“Iya dulu mas cici di panggil fikri, tapi cici dulu kan masih kecil jadi gabisa ngomong ‘fikri’, jadilah dia Cuma bisa ngomong  cici haha.” Jawab amahku sambil terkekeh.

Dia menempuh  TK-SD se-sekolah denganku, SMP-SMA  di sebuah sekolah swasta yayasan keras  Leces, Tercatat sebagai lulusan 2013 sebuah Universitas Negri Di daerah Bulaksumur Jogjakarta dan sekarang sedang merantau mengais rezeki di  ibu kota  di bagian HSE yang bagaimana kerjanya aja  aku ga tau..

Ada panggilan khususku dari orang ini, bukan panggilan kesayangan.. karena panggilan ini berbau menghina -_-  mas cici memanggilku dengan sebutan ‘kobe’
arti dari nama ini sangat panjang sejarahnya.. begini, dulu aku emang ga suka mandi, maklum yaa anak masi kecil (pembelaan diri) nahh, di kampungku ada orang kurang waras bahkan sudah mencapai predikat gila yg namanya ‘Men’.tau sendirilah perawakan dan tampilan orang gila itu gimana, yg bahkan mandi aja mungkin  setahun sekali,  Jadilah aku di panggil ‘Men’. Ga cukup di situ, nama ‘Men’ itu mengalami revolusi dan menjadi ‘komeng’ mirip mirip dikit sama ‘men’ katanya.. yaudah, dari situ aku di panggil ‘komeng’. Ga tau gimana ceritanya ujuk-ujuk mas cici manggil aku dengan sebutan ‘kobe’ dari mana pun dan gimana pun asal nama itu aku tetep sebel dengan sebutan selain alfi ataupun afi atau panggilan normalku yg lain. Kesebelan ku nambah waktu ada iklan bumbu kobe!  Ya ampuuunnn waktu itu aku Cuma bisa mikir “kok ada sehhh nama bumbu kobee?” lagi-lagi mas cici bersorak sorai dengan hadirnya iklan baru itu -_- aku masih inget tampilan iklan tepung bumbu itu.. ada anak kecil cewek bawa boneka sambil ngomong “kobe enak kobe enaakk.” Oh meennn... iklan itu berhasil menduduki iklan  yg paling aku benci waktu itu -_- oke lah itu tentang darimana sebutan ‘kobe’.
 Oh ya, ada kalimat yang paling sering mas cici ucapin Cuma buat nyulut amarahku “kobe tak perna mandi seumur hidup karena dia sangatlah jebbeh (jorok).” Kalimat itu ada nadanya.. yang gabisa aku jabarin di tulisan ini, yahh pokoknya nadanya gitu lah :D
Aku juga gamau kalah, aku juga punya nama panggilan buat dia, nama pangglannya itu BASIR. Basir itu tokoh yg gendut temennya sembara  di sinetron mak lampir itu kalo ga salah (film 90an-2000 awal) mengingat mas cici yg dulu itu gendut dan uiiiiteeemmmm banget. Elek pokok’e wes -_- tapi dulu.. kalo sekarang mungkin dia udah sering mandi susu haha..
Tapiii.. meskipun orang ini punya sejuta cara buat gimana caranya supaya aku nangis dulu, juga sebenernya buaeeekkk buangett *di sogok* 

Ih baiknya itu tak tergantikan deh. Dulu pas esde,  malem-malem waktu maen di rumah abah (kakek) mas cici tiba-tiba manggil trus ngebujuk aku “ageh cepetan ndek rumah ada kentaki (ayam goreng), nanti kalo wes ndek kamar liaten dek pojok kasurmu dibawah bantal ada sesuatu.” Dengan rasa kepo ku yg berkobar  akhirnya aku lari menuju rumah yg berjarak hanya 100 meter dari rumah abah.
Sampe kamar aku langsung loncat ke pojokan kasur.. dan ngebuka bantal dan eng ing eeng.. disana ada kotak di bungkus kertas kado. Sambil mesem-mesem najong Aku buka kertas kadonya, ternyata masih ada bungkusan lagi dan ada kertas kecil bertulisan disana. Setelah bungkus kedua aku buka, ternyata ada bungkusan lagi, juga ada kertas berisi tulisan lagi. Begitu seterusnya. Mungin ada sekitar 4-5 lapis bungkus juga pesannya. Pesan yg Cuma  aku ingat  bertuliskan “ini hadiah soalnya kamu udah berhasil rangking 1 di sekolah, sekalian buat kado ultahmu beberapa bulan lagi hehe.”
Ahh.. baiknya mas cici.. oh ya. Isi kadonya berupa lorotan (peraut pensil) yg di puter-puter kayak bikin molen, warna kuning, gambar beruang. Dan sayangnya lorotan itu udah hilang huhuhu :’(
Gak Cuma lorotan hadiah dari mas cici buat aku. Buku cerita sinderela(yg salah beli, ternyata berbahasa inggris) pensil ada kepala kelincinya, jam tangan, tas, jam tangan lagi dan masih lumayan banyak lagi barang yg aku dapet dari dia termasuk barang bekasnya yg otomatis nurun ke anak ke-2 tak peee lahh..
Oh ya, dulu aku sempet tukeran sempoa ku sama kacang mayasi punya mas cici -_- ah o’on nya aku mau aja di suruh tuker -_-

Pernah juga, dia ngancem bakal ngelaporin aku ke mama  kalo aku pernah di panggil ke kantor gara-gara ga ngerjain pe’er waktu kelas 2 esde. Dia bilang dia gak bakal ngelapor ke mama kalo aku ngasih dia miniatur candi prambananku yg aku dapet dari faiq. Tapi, demi menjaga nama baikku di depan mama, akhirnya aku kasih aja itu miniatur candinya -_- tapi pas aku kelas 3 esde ternyata dia tetep cerita kalo aku pernah masuk kantor pas kls 2 esde trus ak minta miniatur candi itu lagi, tapi dia gamau ngasih. Nyebelin banget kan ya -_-

Makanan favorit kita dulu itu es moni (es rasa jeruk bentuknya bungkusnya segitiga), tini wini biti (yg dulu ada gratisan cd nya sherina bareng westlife), es krim sumber hidup (sampe sekarang), kacang mayasi. Nah, yang kita suka dari kacang mayasi itu bumbunya! Pernah waktu perjalanan dulu, aku nyemil mayasi. Kalo makan kacang mayasi kan pake 2 jari, nah otomatis bumbunya banyak lengket di telunjuk sama jempol, sengaja ga aku jilatin jariku buat ngumpulin bumbunya sampe mayasi nya abis. Seneng banget gitu rasanya kalo mayasinya udh habis, berarti abis gini jilatin bumbu yg udh ngegumpal di jari, saat yg di tunggu-tunggu... waktu aku mau jilatin bumbunya ternyata mas cici nyolek telunjuk sama jempolku yg ada bumbunya dan langsung di makan (jorok memang). Jadilah aku waktu itu nangis jerit-jerit di dalem mobil soalnya bumbuku di ambil. Nangis sekenceng-kencengnya sampe mas cici di marahin mamaku, dan aku seneng kalo mas cici di marahin hahaha :D

Moment yang paling aku inget itu waktu mas cici ngajarin aku nyanyi you raise me up nya westlife buat praktek nyanyi kls 4 sd (yg bikin aku suka westlife sampe sekarang), trus pas ngajarin aku gambar gunung sampe aku nagis-nangis gara-gara di marahin dia soalnya  gabisa gambar (ih sebenenya mas cici itu jago kalo suruh ngegambar) , pas main benteng-bentengan, sepedahan ke pelabuhan, banyak-banyakan piala di bupet ruang tamu,pas aku nangis bilang “huaa afi ga boleh renang sama mas cici hu hu huuu .” sambil di rekam pake tape recorder sama amah, main tabrak-tabrakan crush gear nya, main hotwil nya, ngerawat hewan di tamagoci (jenis mainan era 90an) daannnn masih banyak lagi kenangan manis dan kecut sama mas cici itu -_- :D
Dan sekarang tanggal 5 september itu berarti umur mas cici genap 24 taon, ya ampun ternyata udah tua abangku inii :’( 

Selamat ulang tahun ya mas.. afi tau mas cici paling ga suka di ucapin selamat ulang taon di depan orang lain apalagi temen-temen. Jadi afi nulis di blog aja yg ga ada orang baca termasuk kamu juga ga bakal baca, kamu kan gatau blog ku haha :D
Ih dari dulu afi mesti bingung mau  ngado apa ke kamu kalo kamu ultah -_- secara ya..  istilah kasarnya kamu  itu lebih mampu gitu -_- yaudah bisanya Cuma bisa kasih wish wish ajaa hehehe J
Semoga kerjanya sukses yaah mas, semoga impian keliling dunianya kecapai (ajakin afi juga pliss), semoga bisa lebih bikin mama yayah bangga, semoga ibadahnya meningkat, jangan nikah cepet cepet  ya mass L afi tau kok kamu emang gamau nikah cepet-cepet hehehe J pengen keliling dunia dulu katanya, semoga prestasi dunia akhiratnya terus meningkat yaa, semoga yang kamu pengen bisa tercapai secepat yg kamu pengenin :)



SELAMAT ULANG TAHUN YA MAS BASIR :)

0 komentar:

Posting Komentar


Nikmatilah hari ini, karena esok kau akan merindukan hari ini
Diberdayakan oleh Blogger.